Mengenal Data Center

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh    
Hasil gambar untuk data center 

A.Pendahuluan
     1.)Pengertian
Data center atau pusat data merupakan fasilitas yang menyediakan kemampuan pemrosesan data secara terpusat. Data Center mencakup komponen hardware, seperti Komputer, Storage, Perangkat Jaringan, dan Backup Daya. Serta perangkat yang mengontrol lingkungan seperti AC (Air Conditioner), Pemadam Api dan Ventilasi. Data Center juga mencakup perangkat lunak, seperti Aplikasi, OS (Operating System), dan Perangkat lunak manajemen.
     2.)Latar Belakang     
Data center masih kurang di perhatikan untuk kalangan orang awam, sebab data center tidak terlalu di publikasikan untuk umum karena sifatnya yang sangat penting.
     3.)Maksud dan Tujuan     
Memaparkan mengenai data center
     4.)Hasil yang Diharapkan
Dengan artikel ini, wawasan pembaca lebih luas
B.Pembahasan
Data Center atau Pusat Data adalah fasilitas yang menyediakan kemampuan pemrosesan data secara terpusat. Data Center mencakup komponen hardware, seperti Komputer, Storage, Perangkat Jaringan, dan Backup Daya. Serta perangkat yang mengontrol lingkungan seperti AC (Air Conditioner), Pemadam Api dan Ventilasi. Data Center juga mencakup perangkat lunak, seperti Aplikasi, OS (Operating System), dan Perangkat lunak manajemen.

Sebuah perusahaan besar, sering memelihara lebih dari satu Data Center untuk mendistribusikan workload (beban kerja) pengolahan data dan memberikan cadangan apabila terjadi bencana

>> Elemen Inti <<
Berikut adalah 5 elemen inti yang penting untuk fungsionalitas Data Center :

Application : Program komputer untuk operasi komputasi (Compute).
Database Management Systems (DBMS) : Menyimpan data secara terstruktur dalam tabel dan saling terkait.
Host atau Compute : Sebuah platform komputasi yang menjalankan aplikasi dan database.
Jaringan atau Network : Jalur data yang memfasilitasi komunikasi antar berbagai perangkat jaringan.
Storage : Perangkat yang menyimpan data secara terus menerus untuk penggunaan selanjutnya.
Elemen-elemen inti ini biasanya dilihat dan dikelola secara terpisah(lain kata jika berbicara tentang HCI), namun semua elemen harus  bekerja sama untuk memenuhi pemrosesan data.

>> Karakteristik Data Center <<
Operasi Data Center yang tidak terganggu sangat penting untuk kelangsungan hidup pemrosesan data di Data Center, Karakteristik dibaah berlaku untuk semua elemen inti infrastruktur Data Center

Availability : Data Center harus memastikan tersedianya informasi bila diperlukan. Tidak tersedianya informasi bisa menghabiskan biaya yang besar dalam bisnis, contoh seperti E-Commerce, Telekomunikasi
Security : Data Center harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi, hal ini berfungsi untuk mencegah akses informasi yang tidak sah. Selain langkah keamanan untuk akses klien, mekanisme khusus juga harus diterapkan, seperti Server A, hanya bisa mengakses storage tertentu (Policy)
Scalability : Resource Data Center harus dapat diukur sesuai requirement, tanpa mengganggu kelangsungan pertukaran data dan informasi. Pertumbuhan jumlah data dan informasi seringkali membutuhkan penambahan server baru, aplikasi baru, database tambahan. Solusi penyimpanan harus bisa tumbuh bersama dengan meningkatnya data dan informasi.
Performance : Semua elemen inti Data Center harus dapat memberikan kinerja optimal berdasarkan services level yang ditentukan.
Data Integrity : Integrasi data mengacu pada mekanisme, seperti Error Correction Codes atau Parity Bits. Yang memastikan bahwa data ditulis ke disk persis seperti data yang diterima.
Capacity : Operasi Data Center memerlukan resource yang memadai untuk menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar. Bila kebutuhan kapasitas meningkat, Data Center harus memberikan kapasitas tambahan tanpa mengganggu ketersediaan informasi, atau gangguan minimal.
Manageability : Data Center harus menyediakan pengelolaan yang mudah untuk semua elemennya. Pengelolaan dapat dengan cara otomatisasi dan pengurangan intervensi manusia (manual) dalam tugas umum.
>> Mengelola DATA CENTER <<
Mengelola Data Center yang kompleks melibatkan banyak tugas atau kegiatan, hal tersebut meliputi :

Monitoring : Proses pengumpulan informasi yang berkesinambungan mengenai berbagai elemen dan layanan yang berjalan di Data Center. Aspek Data Center yang dipantau meliputi keamanan, kinerja, aksesbilitas, kapasitas.
Reporting : Dilakukan secara berkala terhadap kinerja, kapasitas dan pemanfaatan resource.
Provisioning atau Penyediaan : Proses penyediaan perangkat keras, perangkat lunak dan resource lainnya yang diperlukan untuk menjalankan Data Center. Kegiatan penyediaan terutama meliputi pengelolaan resource untuk memenuhi kapasitas, ketersediaan, kinerja dan persyaratan keamanan.
C.Kesimpulan
Data center merupakan tempat dimana sekumpulan informasi disimpan dan didistribusikan ke client atau pengguna.
D.Referensi
Wikipedia

Cukup sekian untuk postingan kali ini, terima kasih telah mengunjungi blog saya. Semoga Bermanfaat :v

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »